Navigate / search

Sekolah Fundraising PIRAC memberikan pelayanan antara lain:

bookmark Penelitian

Penelitian dan studi kasus yang dilakukan Sekolah Fundraising PIRAC terfokus pada tema-tema kedermawanan sosial secara umum, penggalangan dana (fundraising), upaya pengembangan kapasitas LSM, dan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility).

Beberapa penelitian sekolah fundraising di antaranya:

 

bookmark Pelatihan

Sekolah Fundraising PIRAC menawarkan paket pelatihan penggalangan dana (fundraising). Pelatihan ini diharapkan menjadi sarana pembelajaran bagi aktifis organisasi sosial dalam meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan kegiatan penggalangan dana

Beberapa tema pelatihan yang pernah diselengggarakan antara lain:

  • Renstra Fundraising
  • Hypnofundrasing
  • Corporate Fundraising Training
  • Creating Winning Fundraising for Women Empowerment
  • Handling Media for Fundraisng
  • Fundraising Untuk Sekolah
  • In Kinds Fundraising
  • Social Media for Campaigning and Fundraising

Info lebih lanjut terkait dengan paket pelatihan dapat dibaca di sini

Metode Pelatihan

Secara umum Pelatihan dilakukan melalui penerapkan metode pendidikan orang dewasa (POD) dengan mengajak para peserta berdiskusi dalam kelompok, saling berbagi pengalaman dalam forum (curah pendapat), demonstrasi, studi kasus, permainan, dan praktik.

 

bookmark Fasilitasi, Konsultasi dan Pendampingan

 

Sekolah Fundraising Pirac melayani kebutuhan konsultasi dan pendampingan untuk kegiatan mobilisasi sumber daya, volunteerisme dan kemitraan dengan sector swasta yang dibutuhkan oleh organisasi masyarakat sipil. Konsultasi dan pendampingan ini sebagai bentuk aplikasi dan pengetahuan yang dikembangkan PIRAC serta bagian dari upaya untuk mendorong berkembangnya kegiatan filantropi, kemitraan dan mobilisasi sumber daya di Indonesia

Jasa konsultasi, fasilitasi dan pendampingan yang kami berika diantaranya:

  • Fasilitasi pelatihan Fundraising: PIRAC menawarkan jasa konsultasi, fasilitasi dan pendampingan dari semua paket pelatihan fundraising PIRAC yang diselenggarakan secara mandiri oleh organisasi lain.
  • Fasilitasi pengembangan kelembagaan: PIRAC menawarkan jasa konsultasi dan pelayana untuk pengembangan tata kelola lembaga donor, LSM maupun lembaga service provieder lainnya: Merancang Perlindungan Pegawai secara Mandiri/pengelolaan asuransi sendiri, assessment kapasitas lembaga dan merancang kemandirian lembaga.
  • Fasilitasi/pendampingan pengembangan program dan Renstra organisasi: Membuat rencana strategis lembaga, Merancang Program menggunakan RBM/LFA dan Outcame Mapping, Teknik Integrasi Kesetaraan Gender dalam Kerangka Logis Program, Integrasi & Review Kesetaraan Gender dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Penelitian, Monitoring & Evaluasi
  • Fasilitasi tim building, Achivement Motivation Training (AMT) dan Outboand. PIRAC menawarkan paket outboand yang dikemas menaring untuk membangung tim building di organisasi. Paket ini baik untuk gathering dan retreat lembaga.

 

bookmark Penerbitan dan Diseminasi Media

 

Sekolah Fundraising menerbitkan buku-buku tentang filantropi, perkembangan sektor nirlaba, LSM, dan penggalangan dana. Kami juga menerbitkan Galang, Majalah pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mengupas masalah filantropi dan resource mobilitation. Media ini berperan sebagai sarana komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial dan penggalangan serta pemanfaatan dana-dana sosial di Indonesia, sejak Januari 2001.

Program

Program ini sudah diikuti dan dimanfaatkan oleh berbagai kelompok organisasi, di antaranya:

  1. Aktifis Organisasi/lembaga nirlaba.
  2. Pengurus Yayasan Sosial dan Keagamaan
  3. Pengurus Organisasi Massa
  4. Pengelola Lembaga Amil Zakat
  5. Organisasi kemasyarakatan
  6. Lembaga sosial lainnya yang ingin menggalang dan mendiversivikasi sumber dana bagi lembaga dan program yang dilakukannya

Sampai saat ini sudah lebih dari 200 organisasi yang berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari training ini. Berberapa diantaranya: WALHI, YLBHI/ LBH, LPA (Lembaga Perlindungan Anak), PMI, GN-OTA, Departemen Sosial, dan puluhan organisasi lainnya.